Jumat, 07 Oktober 2016

Tugas Pengantar Bisnis





Nama    : Dhiya Sekarini

NPM     : 21216948

Kelas     : 1EB13

Pendahuluan

Puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas pengantar bisnis ini tepat pada waktunya. Di blog saya ini membahas tentang pengertian bisnis menurut para ahli, jenis-jenis bisnis, tujuan kebijakan bisnis dan mengapa kita harus belajar bisnis. Saya menyadari bahwa saya sangat jauh dari kesempurnaan, oleh karna itu masukan berupa kritik dan saran sangat saya harapkan agar saya bisa lebih baik lagi membuat blog. Akhir kata semoga blog ini dapat berguna bagi pembacanya Sekian dan Terima Kasih.

Pengertian bisnis menurut para ahli

Hooper

Menyatakan bahwa bisnis merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.

Musselman dan Jackson

Mereka berpendapat bahwa bisnis ialah jumlah keseluruhan aktifitas yang terorganisir dalam bidang perniagaan dan industri penyediaan barang dan jasa agar terpenuhi kebutuhan masyarakat serta dapat memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.

Urwick dan Hunt

Bisnis ialah setiap perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.

Kesimpulannya Bisnis adalah suatu organisasi atau aktifitas manusia atau pekerjaan yang ingin mereka kembangkan ide kretif mereka menjadi barang atau jasa yang dapat memperoleh keuntungan

Jenis-Jenis Bisnis

Pada dasarnya, aktivitas bisnis dapat dikelompokkan dalam tiga aktivitas

utama, yaitu aktivitas produksi (Production Activity), aktivitas distribusi

(distribution activity), dan aktivitas konsumsi (consumption activity).

1.      Produksi

Setiap kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan dapat
memilih tiga alternatif jenis produk barang atau jasa yang akan dihasilkan,
yaitu produk primer, sekunder atau tersier.

2.      Distribusi

Aktivitas bisnis yang melakukan pemindahan barang dan jasa dari satu
tempat ke tempat lainnya misalnya bisnis di bidang jasa kargo.

3.      Konsumsi

Aktivitas konsumsi mengacu pada kemampuan perusahaan untuk
menciptakan permintaan terhadap barang dan jasa yang ditawarkan,
kemampuan tersebut dilihat dari seberapa besar penjualan yang diperoleh
perusahaan.

Tujuan Kebijakan Bisnis

1.      Melindugi usaha kecil dan menengah. Kebijakan bisnis di buat untuk melindungi usaha kecil dan menengah

2.      Melindungi lingkungan hidup sekitarnya. Melakukan bisnis atau usaha yang tidak merusak lingkungan.

3.      Melindungi konsumen. Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen.

4.      Pendapatan Pemerintah. Bisnis yang beroperasi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering Kita sebut dengan devisa

Mengapa kita harus belajar bisnis ?

Walaupun bisnis tidak pasti akan selalu mendapatkan keuntungan ada waktunya bisnis bisa mendapatkan kerugian jadi kita perlu mempelajari terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Dengan memulai bisnis kita dapat membuka lapangan kerja, semakin banyak orang yang memulai bisnis akan semakin sedikit pengangguran. Dengan berbisnis juga kita akan bisa tahu rasanya kerja keras supaya bisnisnya tidak mendapatkan kerugian. Pengalaman saya pribadi di waktu SMA saya sama sekali tidak mengerti bisnis. Karna saya tidak mengerti bisnis saya pernah tertipu oleh seseorang, beliau bilang bisnis ini bisa menghasilkan uang yang banyak hanya dengan memberi modal dan modal itu akan terganti dengan uang yang lebih dari saya memberi modal. Hanya dengan kata seperti itu saya bisa terbawa untuk mencoba setelah saya sudah memberi modal ternyata beliau menghilang begitu saja. Pelajaran yang saya dapatkan dari pengalaman itu lebih baik kita mempelajari terlebih dahulu bisnis dan itu bisnis apa, atau lebih baik bisnis yang kita bangun sendiri supaya tidak tertipu.

Kesimpulan

Mempelajari bisnis sangatlah bermanfaat karna siapapun bisa berbisnis, walapaupun tidak berpendidikan hanya dengan modal berani, tidak pantang menyerah dan mau berkerja keras anda bisa menjadi seorang usahawan yang sukses. Sekeras apapun Anda bekerja pada suatu perusahaan, Anda hanya akan menjadi seorang karyawan. Sedangkan berbisnis sekecil apapun modal Anda dalam memulai bisnis, Anda tetap akan menjadi seorang bos yang bisa mebuat lapangan kerja baru. Ketika anda mendapatkan tawaran berbisnis dari suatu perusahaan atau teman dll, sebelum anda menerima bisnis tersebut sebaiknya anda harus mencari tahu terlebih dahulu bisnis apa yang di tawarkannya supaya anda tidak tertipu. Jadilah seorang bisnis yang jujur dan tidak merugikan orang lain.

Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar