Tugas
Manajemen Sumber Daya Manusia #
Nama :
Dhiya Sekarini
NPM :
21216948
Kelas :
4EB12
{Tulisan 11 Kepuasan Kerja}
Ø Soal
Essay
1. Apa
saja pengertian kepuasan kerja menurut para ahli ?
Jawab :
Robbins (1996: 179)
Pengertian kepuasan kerja menurut Robbins adalah suatu sikap umum seorang individu terhadap pekerjaannya. Pekerjaan menuntut interaksi dengan rekan kerja, atasan, peraturan dan kebijakan organisasi, standar kinerja, kondisi kerja dan sebagainya. Seorang dengan tingkat kepuasan kerja tinggi menunjukkan sikap positif terhadap pekerjaan itu, sebaliknya seorang tidak puas dengan pekerjaanya menunjukkan sikap negatif terhadap pekerjaanya itu.Stephen P. Robbins (1996: 26)
Pengertian kepuasan kerja menurut Stephen P. Robbins adalah suatu sikap umum terhadap pekerjaan seseorang, selisih antara banyaknya ganjaran yang diterima seorang pegawai dan banyaknya yang mereka yakini apa yang seharusnya mereka terima.
2. Apa
saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja ?
Jawab :
Ø Kesempatan
untuk maju
Ø Keamanan
kerja
Ø Gaji
Ø Perusahaan
dan manajemen
Ø Pengawasan
(Supervise)
3. Apa
saja aspek-aspek yang terkait dengan kepuasan kerja ?
Jawab :
Faktor yang
Mempengaruhi Kepuasan Kerja
- Faktor Individu
- Faktor Intrinsik Pekerjaan
- Gaji
- Pengawasan/ Penyeliaan
- Rekan Kerja dan Sosial
- Kondisi Kerja.
4. Bagaimana
profil kepuasan kerja individu dalam organisasi ?
Jawab :
Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang
setelah membandingkan hasil yang dirasakan atau
didapatkannya dengan apa yang menjadi
harapannya. (luthans: 1987 melalui Dony Setiawan,
(2005:26) mendefinisikan kepuasan kerja sebagai serangkaian perasaan senang
atau tidak senang dan emosi seorang karyawan
atau pegawai yang berkenaan dengan
pekerjaannya sehingga merupakan penilaian karyawan terhadap perasaan
menyenangkan, positif atau tidak terhadap pekerjaannya.
5. Bagaimana
cara karyawan mengungkapkan ketidakpuasan ?
Jawab :
Ø Keluar
(Exit) yaitu meninggalkan pekerjaan termasuk mencari pekerjaan lain.
Ø Menyuarakan
(Voice) yaitu memberikan saran perbaikan dan mendiskusikan masalah dengan atasan
untuk memperbaiki kondisi.
Ø Mengabaikan
(Neglect) yaitu sikap dengan membiarkan keadaan menjadi lebih buruk seperti
sering absen atau semakin sering membuat kesalahan.
Ø Kesetiaan
(loyality) yaitu menunggu secara pasif samapi kondisi menjadi lebih baik
termasuk membela perusahaan terhadap kritik dari luar.
Ø Pilihan
Ganda
1. Yang
bukan merupakan pengertian dari kepuasan kerja adalah .. .
a. Keadaan
emosional yang menyenangkan yang dihasilkan dari penilaian pekerjaan atau pengalaman kerja
b. Secara
aktif dan konstruktif berusaha memperbaiki kondisi, termasuk menyarankan perbaikan dan mendiskusikan masalah
c. Akumulasi dari proses transformasi emosi dan
pikiran diri seorang yang melahirkan sikap atau nilai terhadap sesuatu yang
dikerjakan dan diperolehnya dalam lingkungan kerja.
d. Bentuk
perasaan dan ekspresi seseorang ketika dia mampu/tidak mampu memenuhi harapan
dari proses kerja dan kinerjanya. Stigma ini senada dengan apa yang diungkapkan
2. Berikut
ini adalah sikap karyawan yang menunjukan kepuasan mereka terhadap pekerjaan
mereka, kecuali .. .
a. Cenderung
berbicara secara positif tentang organisasi
b. Membantu
individu lain
c. Mencoba mendapatkan laba pribadi konsumen
d. Berbuat
lebih dalam pekerjaan karena mereka igin merespon pengalaman positif mereka
3. Berikut
adalah factor yang mempengaruhi kepuasan kerja kecuali ...
a. Hubungan
kekeluargaan dengan atasan
b. Fasilitas
yang diberikan oleh perusahaan
c. Gaji
d. Kaamanan kerja
4. Berikut
adalah upaya dalam meningkatkan kepuasan kerja, kecuali..
a. Membuat
Pekerjaan Menjadi Menyenangkan b.
b. Perekruitan
karyawan baru c.
c. Memiliki gaji,benefit dan kesempatan promosi
yang adil d.
d. Menyesuaikan
orang dengan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kalian
5. Berikut
ini adalah respon dari karyawan ketika tidak menyukai pekerjaan mereka, kecuali
a. Keluar
b. Bekerja
dengan lebih teliti
c. Membiarkan
kondisi menjadi lebih buruk
d. Mencari
lowongan kerja lainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar